Rabu, 02 September 2015

Desaku

DESA PANCASARI

Desa pancasari ini adalah tempat kelahilan saya. Terletak di kecamatan sukasada kabupaten buleleng provinsi bali. Dimana dulunya desa pancasari bernama desa benyak yang artinya desa yang sangat sering mengalami malapetaka seperti banjir ,tanah longsor dan hujan angin yang sangat dahsyat yang banyak menimbulkan korban jiwa dan harta benda. Pada akhirnya diganti dengan nama desa pancasari karena terbagi dengan 5 banjar yaitu banjar sari kangin, banjar sari kauh, banjar sari kaje, banjar sari kelod dan banjar sari tengah. 


Penduduk desa pancasari terdiri dari berbagai kasta dan agama. Ada tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat desa pancasari yaitu meleladan yaitu acara arak-arakan buah ke pura yang dihias dengan indah yang disebut “pajegan” bagi agama hindu dan di meriahkan dengan agama lainnya.
agama islam di pancasari saat memperingati maulid nabi diadakan acara yang disebut “muludan” yaitu acara arak-arakan telur yang dihias pada batang pohon pisang yang dimeriahkan dengan berbagai macam agama.

Rasa persaudaraan masyarakat desa pancasari sangatlah tinggi.Desa ini sangat indah dengan pemandangan yang asri oleh danau dan perkebunan yaitu danau buyan dan lekukan perkebunan buah strawberi dan macam-macam sayuran.
Makanan khas di desa pancasari yaitu pisang goring rai yaitu pisang yang dibalut dengan adonan tepung kemuadian direbus, tidak kalah enak yaitu plecing ayam, plecing paku, dan engseban jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar